-_'tH3 cHeAt3r CoMmUniTyY'_-

^_-aRriEeyhH pOrTgAs d'aCe (FirE FisT) sHirOhIgE-_*

Search



Poster adalah salah satu media yang banyak digunakan sebagai sarana penyampaian pesan dan informasi. Seiring dengan pertumbuhan dunia periklanan, maka semakin ketat pula persaingannya. Suatu tantangan tersendiri bagi para desainer untuk mampu menarik perhatian pembaca visual dengan menuangkan ide-ide kreatif dalam karyanya.
Pada tutorial kali ini kita akan coba membahas mengenai bagaimana membuat sebuah poster di photoshop. Poster yang ingin kita buat kali ini akan sedikit diberikan kesan abstrak dan terlihat fresh dengan layouting sederhana dipadukan dengan manipulasi efek pada gambar.
dan sebagai tambahan, segala jenis brush dan font yang digunakan pada tutorial kali ini dapat didownload disini.

ok, langsung aja tutorialnya :D

STEP SATOE :

Pada menu pilih File > Open, lalu buka gambar berikut.



STEP DUA :

Cropping atau hapus latar belakang gambar tersebut. Kalo belum tau cara menghapus background, klik disini.



STEP TIGA :

Klik pada ikon Add New Layer pada layer window untuk menambahkan layer baru. Pada layer baru, Pilih Brush Tool(B). Pada step ini, anda perlu menginstall terlebih dahulu splatter brush yang bisa didownload dilink di atas. Setelah Instalasi, tinggal dicari brush yang sudah didownload tersebut dan pilih salah satu jenis brush yang tersedia pada splatter brush.



STEP EMPAT :

Letakkan brush pada area kerja photoshop, ingat! warna brush adalah warna foreground photoshop anda. Jadi gunakan warna yang bisa dibedakan hingga dapat memudahkan nantinya.



STEP LIMA :

Sambil tahan Ctrl di keyboard, klik pada kotak thumbnail pada layer anda untuk menyeleksi semua objek yang ada di layer brush splatter. Setelah itu, pilih layer man dan tekan delete di keyboard.



STEP ENAM :

Gunakan pick tool (I) untuk mengambil sampel warna dari baju si tokoh poster kita, dan lihat, warna foreground langsung berubah dengan warna yang di pick dari baju tokoh poster (lihat gambar).



STEP TUJUH :

Gunakan Paint Bucket Tool (G) untuk mengisi warna brush. Syaratnya, layer harus terpilih dan objek harus terseleksi. Seleksi bisa dilakukan dengan mengikuti cara diatas tadi.



STEP DELAPAN :

Untuk memunculkan kesan abstrak pada objek, pilih layer brush lalu tekan Ctrl + T di keyboard. rotasi objek seperti gambar dibawah.



STEP SEMBILAN :

Lakukan hal yang sama pada bagian tangan objek: Buat layer baru > pilih brush (gunakan brush splatter yang berbeda) > hapus bagian objek 'man' sesuai dengan seleksi pada brush > lalu miringkan objek brush untuk menciptakan kesan abstrak (sama seperti step-step sebelumnya). Pada step ini, sesuaikan warna brush dengan warna lengan, tinggal pick warna lengan seperti melakukan pick pada warna baju di step sebelumnya.



STEP SEPULUH :

Lakukan hal yang sama pada bagian celana. Sesuaikan warna brush dengan warna celana.



STEP SEBELAS :

Untuk memberikan kesan detil pada pekerjaan kita, berikan juga brush pada bagian ujung gitar, sesuaikan warnanya dengan warna gitar.



STEP DUA BELAS :

Tambahkan font menggunakan Text Tool. Kali ini saya menggunakan font Mark yang bisa didownload pada link diatas. Jangan terlalu kaku dalam memposisikan font. Miringkan atau bentuk sebuah gaya tersendiri sehingga menyatu dengan objek gambar.



STEP TIGA BELAS :

Pada layer window, pilih layer paling bawah lalu tekan ikon Add New Layer pada di bagian bawah layer window. Tekan Ctrl + Delete pada keyboard untuk mengisi layer dengan warna putih. Anda juga bisa memberi warna dengan menggunakan Paint Bucket Tool (G).



STEP EMPAT BELAS :

tambahkan brush pada layer baru. Gunakan Gradient Splat Brush yang juga bisa didownload pada link di atas. berikan warna abu-abu untuk brush, perbesar dan klik pada dua bagian pada objek seperti pada gambar dibawah. Langkah ini kita lakukan agar objek latar belakang gambar tidak terlalu kaku/polos.




STEP LIMA BELAS :

Klik pada layer paling atas, kemudian klik pada icon create new fill or adjustment layer pada layer window, lalu pilih Exposure untuk menambah ketajaman pada gambar. Atur nilai yang terdapat pada Exposure seperti pada gambar dibawah.



STEP ENAM BELAS :

Klik sekali lagi pada ikon create new fill or add new adjustment layer pada layer window, lalu pilih Curve untuk menerangi gambar. Atur nilai pada curve seperti pada gambar dibawah ini.



hmm..selesai, beginilah kira-kira final preview yang dapat dihasilkan melalui step-step di atas..

0 komentar:

Poskan Komentar

SELAMAT DATANG di BLOG gw!